Pages

Monday, January 30, 2017

Belajar Adab Sehari-hari Bersama Pangeran Karim dan Putri Karimah

Belajar Adab Sehari-hari Bersama Pangeran Karim dan Putri Karimah

Subhanallah ya, dalam Islam ketika makan, minum, sakit, sampai buang airpun ada adabnya. Adab itu apa sih? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, adab artinya kehalusan dan kebaikan budi pekeri; kesopanan; akhlak. Kalau kita googling arti kata adab, ada penjelasan bahwa artinya adalah norma atau aturan mengenai sopan satun yang didasarkan atas aturan agama. Contohnya seperti apa sih? Misalnya ya beberapa adab makan dalam Islam yaitu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mengucap basmalah sebelum makan, dan makan dengan tangan kanan. Lalu bagaimana ya cara mengenalkan adab tersebut pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan? Ya lewat cerita dong, ceritanya ada di buku Belajar Adab Sehari-Hari Bersama Pangeran Karim dan Putri Karimah.

Lewat cerita dalam buku ini anak dikenalkan dengan adab makan, adab minum, adab ketika sakit, adab bertetangga, adab buang air, dan adab bersedekah. Setiap cerita dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik. Ada tokoh Pangeran Karim dan Putri Karimah beserta teman-temannya yang menemani anak belajar tentang adab dalam Islam. Di akhir setiap cerita juga dilengkapi dengan hadits yang berhubungan dengan adab tersebut. Ceritanya tentang masing-masing adab tidak telalu panjang tapi mudah dipahami anak, jadi insyaa Allah nilai-nilai agamanya bisa tersampaikan.


Baca: Dongeng Pengetahuan Anak - Pesta Langit.

Apalagi ya keistimewaan buku ini? Di akhir tiap bab ada kamis mini bahasa Indonesia - Inggris - Arab yang berisi beberapa kata yang terdapat dalam cerita di bab tersebut. Wah asyik, Mamanya jadi belajar beberapa kata dalam bahasa Arab juga deh. Dan tidak hanya itu orangtua juga jadi belajar lagi tentang adab-adab tersebut. Kita sebagai orangtua malah punya PR besar nih selain membacakan cerita dan mengenalkan pada anak tentang adab-adab tersebut. Apa itu PRnya? PRnya adalah memberi contoh pada anak untuk mengamalkan adab-adab tersebut. Bismillah... Self reminder nih untuk kita para orangtua.


Judul: Belajar Adab Sehari-hari Bersama Pangeran Karim dan Putri Karimah.
Penulis: Izzah Annisa.
Penerbit: Gema Insani.
Terbit: 31 Agustus 2015.
Bahasa: Indonesia.
Halaman: 80 halaman.
Dimensi: 190 x 280 mm.
ISBN: 9786022502654.
Harga: Rp 60.000.


1 comment:

  1. bukunya cikip banget mbak..jadi pingin beli nih buat anak2...ndak terlalu mahal juga ya

    ReplyDelete