Pages

Wednesday, December 7, 2016

Aku Bisa Jadi Anak Rapi

Aku Bisa Jadi Anak Rapi

Dua minggu lalu Rayyaan diajak jalan-jalan ke toko buku. Yay dapat buku baru lagi deh. Bukunya berjudul Aku Bisa Jadi Anak Rapi karya Lia Herliana yang merupakan salah satu buku dari seri Bunda, Aku Bisa Sendiri. Pertimbangan saya memilihkan buku ini untuk Rayyaan adalah karena bukunya bergambar dan ceritanya tidak terlalu panjang. Buku-buku seperti ini yang ternyata cocok dan disukai Rayyaan. 


Ceritanya tentang seorang anak bernama Etta yang sebelumnya tidak suka merapikan barang sehingga sering kebingungan saat ia ingin menggunakan barang-barang miliknya. Dengan membelikan dan membacakan buku ini saya ingin menanamkan pada Rayyaan kebiasaan membereskan barang-barang terutama mainannya setelah digunakan.


Menanamkan kebiasaan ini bukan sesuatu yang instan. Sometimes memang terasa lebih mudah dan cepat kalau kita saja sebagai orang tua yang membereskan mainan dan barang-barangnya. Namun anak tetap harus dilatih kan yaaaa. Selain mengajak praktik langsung (misalnya sebelum tidur siang, tidur malam dan berpergian, mainannya harus dibereskan terlebih dulu) saya ingin menanamkan kebiasaan tersebut lewat membacakan buku cerita dengan tema anak yang membereskan atau merapikan sendiri barang-barangnya. Harapan saya Rayyaan menjadi lebih terbiasa bertanggungjawab beres-beres setelah memainkan atau menggunakan sesuatu tidak hanya di rumah namun juga saat bertamu dan saat ia bersekolah kelak.



Rayyaan senang sekali lho dibacakan buku ini. Kelebihan buku ini adalah di bagian akhir cerita ada petunjuk bagaimana menjadi anak rapi dan membereskan barang-barang. Misalnya saja cara merapikan krayon dan alat tulis setelah digunakan. Selain itu juga ada bagian di mana anak diminta membedakan mana contoh anak yang rapi dan suka beres-beres dan mana yang tidak.


Judul: Aku Bisa Jadi Anak Rapi (Soft Cover).
Penulis: Lia Herliana.
Penerbit: Tiga Ananda.
Terbit: 19 Januari 2016.
Bahasa: Indonesia.
Halaman: 36 hal.
Dimensi: 220 x 200 mm.
ISBN: 9786023661077.
Harga: Rp 22.000.

6 comments:

  1. Postingannya Mba Heni juga rapi, suka loh.. :)

    ReplyDelete
  2. Bagus ya bukunya, anakku juga belum terbiasa merapikan mainan, tapi Alhamdulillah sudah mulai mau kalau disinggung sama dipancing. Kalau punya buku ini mungkin jadi lebih semangat beresin mainan, thanks for sharing Mba'... :)

    ReplyDelete
  3. Anakku pelan2 mulai mau merapikan mainannya sendiri ketika tau emaknya sudah kelelahan bekerja seharian, susah menumbuhkan rasa kesadarannya ini loh mak

    ReplyDelete
  4. klo soal rapi2 ngajarin anak ya suami ku... coz.. kalo aku orgnya berantskan...hhahah

    ReplyDelete
  5. susah gak bund ngajarinnya ? butuh berapa lama ?

    ReplyDelete
  6. Bukunya lucu dan unik banget. Ada di Gramedia gak mbak?

    ReplyDelete