Pages

Friday, January 27, 2017

Pojok Bermain Anak


Kalau melihat buku yang berhubungan dengan ide kegiatan untuk anak entah kenapa saya selalu sukses mupeng. Mungkin karena dulunya saya sering nguprek bebikinan bahan mengajar untuk murid-murid terutama yang level SD. Selain itu obviously karena sekarang sudah jadi seorang ibu dari bocah berusia 4 tahun dan bayi berusia 1 bulan, jadi seringkali harus putar otak juga mau ngajak anak main apa nih hari ini. Saya memang sudah punya beberapa buku tentang ide kegiatan anak usia, tapi tetap saja buku Pojok Bermain Anak ini membuat saya penasaran. Apa ya bedanya dengan buku-buku lain yang saya punya?


Saat membaca buku ini di bagian awal kita disuguhi pengantar tentang apa itu pendidikan anak usia dini untuk anak usia 0-6 tahun. Ingin memilih homeschooling usia dini untuk anak? Boleh. Ingin memasukkan anak ke jalur pendidikan formal seperti PAUD dan TK? Boleh juga. Tapi kita tetap harus ingat bahwa sejatinya orang tua adalah sekolah pertama dan utama bagi anak. Jadi meski anak-anak bersekolah di PAUD atau TK, tetap orang tua wajib mendidik buah hatinya di rumah lewat permainan yang menyenangkan dan terarah.


Di dalam buku ini juga disinggung mengenai tipe kecerdasan majemuk yang dikemukakan oleh Dr. Howard Gardner. Jadi anak yang dikatakan cerdas bukan hanya anak yang jago berhitung saja lho dan tidak ada anak yang dilahirkan tanpa bakat atau kecerdasan. Seseorang juga tidak perlu memiliki atau menonjol di semua tipe kecerdasan untuk bisa disebut pintar. Ada anak yang kecerdasan linguistik atau bahasanya yang lebih menonjol sementara kakak atau adiknya mungkin lebih menonjol kecerdasan musikal atau kinestetisnya. Dengan menstimulasi kecerdasannya yang menonjol, seorang anak bisa semakin mudah berkembang sesuai dengan kecerdasannya tersebut. Hal lain yang disinggung dalam buku ini adalah tentang melatih kemandirian. Jadi bukan hanya kecerdasannya saja ya yang perlu distimulasi namun anak juga harus dibekali dengan life skill supaya mau dan bisa mandiri, dimulai dari hal-hal seperti membereskan mainan dan makan sendiri tanpa disuapi.


Dan sesuai dengan judulnya yaitu Pojok Bermain Anak, tentu saja ada bab tentang ide aktivitas permainan seru untuk anak yang terbagi menjadi tiga jenis kegiatan: permainan indoor, permainan outdoor, dan outing atau kunjungan ke berbagai tempat. Ada 100 ide kegiatan edukatif dan islami yang seru dan dilengkapi dengan gambar. Buku ini juga dilengkapi dengan bonus Checklist Indikator Perkembangan Anak 0-6 Tahun.

Baca: Andrea Beck - Elliot Tidak Bisa Tidur.

Apa yang saya suka dari buku ini? Karena penulisnya yaitu Mbak Umama, M.Kom yang merupakan founder Komunitas Bimbingan Stimulasi @PojokBermainDira mengajak orangtua untuk mengingat bahwa pendidikan anak usia dini bertujuan untuk membantu memetakan potensi keunggulan anak, bukan untuk menyudutkan kemampuan anak. Selain itu orangtua juga diajak untuk dengan penuh keikhlasan dan kasih sayang, konsisten dan bersemangat mengasuh dan membina fitrah anak-anak usia dini agar tumbuh menjadi anak yang sehat, gembira, dan berakhlak sesuai fitrahnya masing-masing.


Judul: Pojok Bermain Anak (Soft Cover).
Penulis: Umama, M.Kom.
Penerbit: Stiletto Book.
Terbit: Juni 2016.
Bahasa: Indonesia.
Halaman: 205 halaman + 59 halaman bonus.
Dimensi: 130 x 190 mm.
ISBN:  9786027572461.
Harga: Rp 68.000.


No comments:

Post a Comment